Stevie Wonder

Banyak musikus dan penyanyi tunanetra yang menghiasi blantikan musik dunia. Tapi tidak ada yang menandingi kesohoran Stevie Wonder. Sepanjang karirnya, Stevie Wonder telah merekam dan menyanyikan lebih dari 30 lagu hit yang menduduki urutan 10 besar Top Hit Amerika dan memenangkan 21 Grammy Award.
Ini rekor untuk artis solo yang belum tertandingi hingga kini. Selain itu, ia juga pernah meraih Oscar untuk kategori Lagu Terbaik, lewat I Just Called to Say I Love You dalam dilm The Woman in Red.

Buta Sejak Kecil
Selain sebagai penyanyi, penulis lagu yang andal, dan produser rekaman, Stevie Wonder juga dikenal sebagai aktivis sosial yang banyak berbuat untuk Amerika Serikat dan dunia, terutama untuk penyandang disabilitas seperti dirinya. Seperti lagu-lagunya, ia menginspirasi banyak orang untuk berbuat demi kehidupan dunia yang baik.
Stevie Wonder lahir di Saginav, Michigan, AS, lahir 13 Mei 1950, dengan nama asli Steveland Judkins Hardaway. Menurut cerita, iaa lahir prematur enam minggu sebelum waktunya, sehingga harus dimasukkan inkubator. Kondisi premature itu membuat pembuluh darah di belakang matanya tak tumbuh hingga menganggu fungsi retina. Menurut istilah kedokteran, Stevie mengalami Retinopathy of Prematurity (ROP). Hal ini diperburuk kerja inkubator yang kurang sempurna saat. Diduga inkubator memompa oksigen terlalu banyak sehingga membuatnya mengalami kebutaan.
Meski mengalami kebutaan sejak balita, ibunya, Lula Mae Hardaway mendidik Stevie dengan prinsip kemandirian. Hardaway mengajarkan anak-anaknya yang lain memperlakukan Stevie seperti anak normal, tidak mengejek, atau membantunya terlalu banyak.
Ketika Stevie berusia 4 tahun, pernikahan kedua orangtuanya hancur. Ibunya memutuskan berpisah dari ayahnya, Calvin Judkins, dan membawa keenam anaknya ke Detroit, termasuk Stevie. Di kota inilah Stevie belajar musik dan nyanyi. Hardaway, yang juga seorang komposer mengajarkan kemampuan bermusiknya kepada Stevie sejak usia dini. Ia belajar piano, drum, bass, dan harmonika. Ia juga aktif di paduan suara gereja.


Menjadi Bintang
Kakak-kakaknya tahu suara Stevie bagus dan merasa ia memiliki bakat menjadi penyanyi terkenal. Salah seorang kakaknya, Gerald White, terus mendorong Stevie agar datang ke rumah Ronnie White untuk menunjukkan bakatnya. Ronnie White adalah penulis lagu dan penyanyi soul yang populer saat itu. Setelah berkali-kali menolak dan diomeli kakaknya, akhirnya Stevie mau juga datang ke rumah Ronnie White. Ronnie White segera mengetahui bakat anak berusia 12 tahun itu. Ia kemudian memperkenalkan Stevie pada Berry Gordy, presiden Motown Records. Rupanya Gordy dan Ronnie White sependapat kalau remaja tanggung itu memiliki suara yang mengagumkan. Karena begitu terpesonanya pada suara Stevie, Gordy memberinya nama Little Stevie Wonder. Sejak itu namanya berubah menjadi Stevie Wonder, dan menjadi nama panggungnya hingga sekarang.
Tak hanya terpesona, Ronnie White menawari Stevie rekaman pada usia yang masih sangat belia, 13 tahun, pada tahun 1963. Rekaman dilakukan secara live saat pertunjukan di Chicago’s Regal Theatre. Rekaman itu diberi judul Recorded Live: The 12 Year Old Genius. Luar biasa, satu lagu dari album berjudul itu Fingertips menjadi top hit, bahkan menduduki urutan pertama di Amerika Serikat.
Hal ini melambungkan nama Stevie Wonder. Tahun 1966, Stevie meluncurkan album kedua yang juga menjadi hit. Sejak saat itu Stevie Wonder masuk jajaran bintang dunia.
Inspirasi & Aktivitas Sosial
Stevie Wonder dikenal bintang yang banyak terlibat dalam kegiatan sosial. Ia sering menciptakan, memproduksi, dan membawakan lagu-lagu untuk kepentingan amal dan dukungan bagi orang-orang cacat, tuna wisma, pengidap AIDS, kanker, diabetes, mengalami kelaparan dan kekerasan dalam rumah tangga. Stevie secara khusus menciptakan lagu We are The Word untuk menggalang solidaritas dan bantuan mengatasi kelaparan yang melanda benua Afrika. Lagu yang ia dinyanyikan artis-artis top dunia itu menginspirasi dan menggerakkan dunia menyelamatkan rakyat benua Afrika.
Stevie Wonder aktif terlibat kegiatan amal antara lain melalui President`s Committee on Employment of People with Disabilities, Children`s Diabetes Foundation, dan Junior Blind of America. Ia juga mendirikan Wonder Vision Awards Program. Aktifitas di berbagai organisasi yang mendorong pemberdayaan potensi penyandang disabilitas di berbagai belahan dunia ini membuat ia dipercaya sebagai Duta Perdamaian PBB.
Tidak terlalu mengada-ada kalau Stevie Wonder dinilai sebagai artis penyandang disabilitas yang menginspirasi dunia. Seperti juga lagu ciptaannya I Just Called to Say I Love You yang menginspirasi dunia untuk selalu saling mengasihi dan mencintai perdamaian. Sebuah lagu yang sampai saat sering dinyanyikan warga dunia dimana-mana.
Sumber : http://knowledgeinmylife.blogspot.co.id/2014/01/biografi-stevie-wonder.html
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s